Senin, 07 November 2016

UTS TEKNOLOGI PENDIDIKAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                  : SMP N 2 Pekalongan
Mata Pelajaran      : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Tema                      : Hormat dan Taat
Subtema                 : Hormat dan Taat kepada orang tua dan guru
Kelas/Semester      : IX/Genap
Materi Pokok        : perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru
Alokasi Waktu      : 1x pertemuan (2x45 menit)

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI-1    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.      Kompetensi Dasar
1)      Menghayati Qs. Al-Isra/17:23 dan Qs. Luqman/31:14 sebagai implementasi dari pemahaman akhlak terhadap orangtua dan guru
2)      Menghargai perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Qs. Al-Isra /17:23 dan Qs. Luqman /31:14
3)      Memahami Qs. Al-Isra /17:23 dan Qs. Luqman /31:14 tentang perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru
4)      Menyajikan contoh perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Qs. Al-Isra /17:23 dan Qs. Luqman /31:14
2.      Indikator
1)      Mendeskripsikan pengertian hormat dan taat kepada orangtua dan guru dengan benar.
2)      Menunjukkan dalil menghormati kepada orangtua dan guru dengan benar.
3)      Menunjukkan dalil taat kepada orangtua dan guru dengan benar.
4)      Mengidentifikasi contoh perilaku hormat dan taat kepada orangtua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
5)      Menjelaskan hikmah perilaku hormat dan taat kepada orangtua dan guru
C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik mampu:
1.      Mendeskripsikan pengertian hormat dan taat kepada orangtua dan guru dengan benar.
2.      Menunjukkan dalil menghormati kepada orangtua dan guru dengan benar.
3.      Menunjukkan dalil taat kepada orangtua dan guru dengan benar.
4.      Menunjukkan contoh perilaku hormat dan taat kepada orangtua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
5.      Menjelaskan hikmah perilaku hormat dan taat kepada orangtua dan guru

D.    Materi  Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1.      Pengertian hormat dan taat kepada orangtua dan guru
Orang tua merupakan orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Bagaimana cara membalas kebaikan orang tua? Salah satu cara membalas kebaikan orang tua yaitu bersikap patuh kepada orang tua. Selain kepada orang tua, kita harus bersikap patuh kepada guru dan sesama anggota keluarga.Berikut pengertian mengenai hormat dan patuh.
Hormat berarti menghargai, takzim dan khidmat kepada orang lain, baik orang tua, guru sesama anggota keluarga.Dalam hubungan dengan orang tua, perilaku hormat ditujukan dengan berbakti kepada orang tua.Berbakti merupakan kewajiban anak kepada orang tua.Berbakti Kepada orang tua merupakan salah satu amal saleh yang mulia.
2.      Dalil Menghormati kepada orangtua dan guru
Qs. Al Isra/17:23
وَقَضَىرَبُّكَأَلاَّتَعْبُدُواْإِلاَّإِيَّاهُوَبِالْوَالِدَيْنِإِحْسَاناًإِمَّايَبْلُغَنَّعِندَكَالْكِبَرَأَحَدُهُمَاأَوْكِلاَهُمَافَلاَتَقُللَّهُمَاأُفٍّوَلاَتَنْهَرْهُمَاوَقُللَّهُمَاقَوْلاًكَرِيماً -٢٣-
“Dan Tuhan-mu telah Memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”
Makna kandungan Qs. Al Isra/17:23
Ayat tersebut menegaskan bahwa Allah Swt. mewajibkan kita berbuat baik kepada ibu bapak.Tutur kata kita kepada keduanya haruslah lemah lembut.Mengucapkan kata “ah” kepada orangtua saja tidak dibolehkan oleh agama, apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.Ketika kita sedang dinasihati orangtua dengarkan baik-baik, jangan memotong pembicaraan.Kita berusaha menampilkan sikap terbaik supaya kedua orangtua merasa dimuliakan.Nasihat-nasihat tersebut kita laksanakan dengan sebaik-baiknya.
Anak yang menghormati kedua orangtuanya akan selalu meminta nasihat, petunjuk, dan doa. Inilah cerminan anak salih/salihah. Anak salih juga akan menghormati gurunya sebagaimana ia menghormati kedua orangtua. Guru telah berjasa besar mendidik kita menjadi pintar dan berakhlak mulia. Ia akan selalu mengikuti pelajaran dengan penuh semangat. Mengerjakan tugas sekolah dengan baik dan tepat waktu.Mendengarkan dan melaksanakan nasihat dan petunjuk dengan sungguh-sungguh.
3.      Dalil Taat kepada orangtua dan guru
Qs. Luqman/31:14
وَوَصَّيْنَاالْإِنسَانَبِوَالِدَيْهِحَمَلَتْهُأُمُّهُوَهْناًعَلَىوَهْنٍوَفِصَالُهُفِيعَامَيْنِأَنِاشْكُرْلِيوَلِوَالِدَيْكَإِلَيَّالْمَصِيرُ -١٤-
“Dan Kami Perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tua-nya.lbunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu.Hanya kepada Aku kembalimu.”
Makna kandungan Qs. Luqman/31:14:
Seorang anak wajib mentaati kedua orangtua.Ketaatan seorang anak kepada kedua orangtua merupakan bentuk “birrul walidain”.Birrul walidain adalah berbakti kepada kedua orangtua.Berbakti kepada kedua orangtua termasuk salah satu amalan paling mulia dalam agama. Hal ini pernah dijelaskan oleh Rasulullah saw. Bentuk berbakti kepada kedua orangtua beragam, di antaranya dengan menaati perintah mereka.Sikap terbaik seorang anak ketika dimintai tolong orangtuanya adalah segera melaksanakan dengan senang hati dan tak mengharap imbalan.
Di samping berbakti kepada orangtua, kita harus taat kepada guru.Sebagaimana wajib hukumnya mematuhi kedua orangtua, wajib pula mematuhi perintah para guru selama tidak bertentangan dengan syariat agama Islam. Guru adalah orangtua kedua setelah orangtua kandung atau orangtua asuh. Guru telah berjasa besar dalam mendidik dan mengajari kita berbagai ilmu pengetahuan, serta menanamkan akhlak mulia. Ia tak kenal lelah berusaha maksimal guna mencerdaskan anak bangsa. Menghormati, menyayangi, serta memuliakan guru merupakan perilaku terpuji yang harus kita lakukan.Segala perintah dan nasihatnya kita laksanakan sepenuh hati.Setiap saat kita doakan mereka supaya mendapat perlindungan Allah Swt.
Jika ini dilakukan oleh seluruh murid, maka sungguh ini akan membawa keberkahan bagi pendidikan di Indonesia. Guru telah berjasa melestarikan dan menyampaikan ajaran Islam sehingga kita memiliki akidah yang lurus, serta memahami antara yang haq dan batil. Rasulullah saw. memerintahkan umat Islam untuk menghormati dan menaati guru. Hal ini disebabkan guru adalah pewaris ilmu dan menjadi salah satu jalan menuju keberkahan ilmu.Ilmu yang berkah adalah ilmu yang dimanfaatkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Contoh perilaku menghormati kepada orangtua dan guru
a.      Hormat dan taat kepada orangtua dan guru
Kita hendaknya hormat dan taat terhadap nasihat dan perintah orang tua selama tidak untuk maksiat atau berbuat musyrik. Bila kita diperintahkan untuk berbuat maksiat atau kemusyrikan, kita harus menolak dengan cara yang sopan. Dalam keadaan apapun kita harus tetap menjalin hubungan yang baik dengan orang tua.
a.       Selalu mengucapkan salam ketika mereka ada atau mencium tangannya
b.      Senantiasa  berbuat baik dan bersikap hormat baik dalam tingkah laku maupun tutur kata terhadap kedua orang tua
c.       Mengikuti keinginan dan saran orang tua selama keinginan dan saran-saran itu tidak melanggar ajaran agama
d.      Membantu kedua orang tua sesuai kemampuan
e.       Mendoakan orang tua semoga diberi umur panjang oleh Allah SWT
f.       Menjaga dan merawat orang tua ketika orang tua sakit
g.      Setelah orang tua meninggal dunia, kita menghormati orang tua dengan mendoakannya
b.      Guru merupakan pengganti orang tua.
Guru juga berhak mendapatkan bakti siswa nya.Hal ini karena guru telah memberikan ilmu kepada siswa nya dengan tulus dan ikhlas. Berikut beberapa contoh perilaku hormat dan patuh kepada orang tua:
a.       Memuliakan dan tidak menghina kepada guru
b.      Mendatangi tempat belajar dengan ikhlas dan penuh semangat
c.       Memperhatikan guru yang sedang menjelaskan pelajaran
d.      Bertanya kepada guru apabila ada sesuatu yang belum dimengerti dengan sikap sopan
e.       Menggunakan cara bahasa yang baik pada saat berbicara dengan guru
f.       Berpakaian rapi dan sopan ketika belajar
5.      Hikmah Perilaku Hormat dan Taat kepada Orangtua dan Guru
Berbakti kepada orangtua akan mendatangkan banyak keberkahan dan keutamaan bagi seorang anak. Keberkahan ini dapat dirasakan baik ketika masih hidup di dunia maupun kelak di akhirat.Beberapa keberkahan dan keutamaan tersebut adalah sebagaimana berikut ini.
a.       Berbakti kepada orangtua merupakan salah satu kunci masuk surga.
b.      Berbakti kepada kedua orangtua merupakan bagian dari “Jihad Fi Sabilillah”
atau berjuang di jalan Allah Swt.
c.       Berbakti dan menghormati orangtua dapat melebur dosa-dosa besar.
d.      Berbakti kepada kedua orang tua merupakan amalan yang paling utama.
e.       Apabila kedua orang tua kita ridha atas apa yang kita perbuat, Allah Swt. pun ridha.
f.       Berbakti kepada orang tua dapat menghilangkan kesulitan yang sedang dialami, yaitu dengan cara bertawasul dengan amal saleh tersebut.
g.      Berbakti kepada kedua kedua orang tua akan diluaskan rezeki dan dipanjangkan umur.

E.     Metode Pembelajaran


1. Pendekatan     : saintific
2. Model              : pembelajaran langsung
3. Metode            : tanya jawab dan  diskusi

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
-          Video pembelajaran tentang perilaku hormat dan taat kepada orangtua dan guru
-          Poster contoh menghormati dan taat kepada orang tua dan guru
2.      Alat
-          Laptop
-          LCD Proyektor
-          Papan tulis
3.      Sumber Belajar
-          Buku guru, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTS kelas IX, kementrian pendidikan tahun 2014
-          Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTS kelas IX, kementrian pendidikan tahun 2014
-          Al-Qur’an dan Terjemahannya

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
-          Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat
-          Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi dan memeriksa lembar kehadiran, memeriksa kerapian pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik
-          Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan  perilaku hormat dan taat kepada orangtua dan guru
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan cara pembelajaran yang akan dilaksanakan
-          Guru memfasilitasi terjadinya proses pembelajaran dengan cara membimbing peserta didik untuk dapat melakukan diskusi kelompok










15 menit
Kegiatan Inti
1.      Mengamati
-          Peserta didik mengamati tayangan video pembelajaran dan poster tentang perilaku hormat dan taat kepada orangtua dan guru
-          Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan pada video dan poster
-          Peserta didik memberikan komentar mengenai hasil pengamatannya di depan peserta didik yang lain
2.      Menanya
-          Setelah mendengarkan paparan dari temannya, peserta didik mengajukan pertanyaan tentang pentingnya menghargai orang tua dan guru atau pertanyaan lain yang relevan.
-          Guru memfasilitasi terjadinya tanya jawab antar siswa atau dengan guru
-          Siswa menyimpulkan jawaban dari beberapa siswa lain dengan dibimbing oleh guru
3.      Mengumpulkan informasi
-          Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang hasil pengamatan tersebut
-          Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap jawaban pertanyaan dari peserta didik
-          Guru memberikan penjelasan tambahan dengan menggunakan powerpoint
-          Peserta didik mengumpulkan informasi tentang hormat dan taat kepada orangtua dan guru dengan membaca Qs. Al Isra/17:23 dan Qs. Luqman/31:14 beserta artinya
4.      Mengasosiasi
-          Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan tentang tugas yang diberikan oleh guru
-          Peserta didik diberikan tugas untuk mengkaji dan
Mencari contoh nyata perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari Qs. Al Isra/17:23 dan Qs. Luqman/31:14
5.      Mengkomunikasikan
-          Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.
-          Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
-          Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.









60 menit
Penutup
-          Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama pembelajaran
-          Guru bersama siswa melakukan refleksi dan menyimpulkan terhadap materi yang dipelajari,
-          Penilaian dilakukan selama aktivitas pembelajaran dan pada akhir pembelajaran
-          Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya





15 menit


H.    Pendidikan Karakter
Sopan Santun
I.       Penilaian 
Penilaian yang dilakukan selama pembelajaran adalah penilaian sikap, ketrampilan dan pengetahuan.
  1. Penilaian sikap
No 
Pernyataan
Skor
Predikat
Nilai akhir
4
3
2
1
1
Berbuat baik kepada kedua orangtua.






2
Menghormati danmematuhi nasehat guru.






3
Mencium tangan ketika berjumpa dengan guru.






4
Tidak mengucapkan kata “ah” kepada orangtua.






5
Membantu orang tua   setelah pulang sekolah







Keterangan:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan dengan predikat sangat baik (SB).
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadangkadang tidak   melakukan dengan predikat baik (B).
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan dengan predikat cukup (C).
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan dengan predikat kurang (D).
  1. Penilaian ketrampilan
Pada saat peserta didik melakukan diskusi, cara penilaiannya adalah:

No
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai konversi
Predikat
ketuntasan
Tindak lanjut
1
2
3
T
TT
R
P

















































Keterangan:     T : Tuntas
TT: Tidak tuntas
R : Remedial
P : Pengayaan
Aspek dan cara penilaian seperti berikut ini.
1)      Kejelasan dan kedalaman informasi
-          Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman materi lengkap dengan sempurna, skor 40.
-          Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman materi lengkap tetapi kurang sempurna, skor 30.
-          Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman namun materi kurang lengkap, skor 20.
-          Jika kelompok tersebut tidak dapat memberikan kejelasan dan kedalaman materi , skor 10.
2)      Keaktifan dalam diskusi
-          Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi,skor 30.
-          Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi,skor 20.
-          Jika kelompok tersebut berperan kurang aktif dalam diskusi,skor 10.
3)      Kejelasan dan kerapian presentasi
-          Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 30.
-          Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 20.
-          Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas tetapi kurang rapi, skor 10.
  1. Penilaian pengetahuan
                   I.          Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang
paling tepat !
1. Berbakti kepada orangtua dikenal dengan istilah . . . .
a. sarrul walidain    c. uququl walidain
b. walidain              d. birrul walidain
2. Kewajiban seorang anak ketika orangtuanya sudah meninggal adalah . . . .
a. mencukupi kebutuhannya
b. mendoakannya
c. memberikan makanan
d. menggunakan harta warisannya
3. Balasan yang akan diberikan oleh Allah Swt. kepada anak durhaka di akhirat kelak adalah ....
a. sulit mendapat pekerjaan            c. dimasukkan neraka
b. mendapat teguran                       d. dikutuk menjadi batu
4. Sikap yang tepat jika orangtua sedang sakit yaitu . . . .
a. menasihatinya agar tidak sakit
b. membiarkannya sampai sembuh sendiri
c. dititipkan di panti sosial karena sibuk
d. merawatnya dengan penuh kasih sayang
5. Berbakti kepada orangtua akan mendatangkan keberkahan sebagai berikut . . . .
a. hidup menjadi terbebani
b. rezeki menjadi sulit
c. mendapat pahala yang sangat besar
d. menyita banyak waktu
6. Berdasarkan hadis Nabi saw., kedudukan dan derajat ibu dibanding bapak adalah . . . .
a. 3 tingkat dibanding bapak c. 5 tingkat dibanding bapak
b. 4 tingkat dibanding bapak d. 6 tingkat dibanding bapak
7. Seorang siswa yang baik akan selalu memuliakan guru-gurunya. Berikut ini yang  merupakan wujud sikap memuliakan guru adalah . . . .
a. sering menelponnya
b. mengetes kepintarannya
c. memberi bingkisan yang menarik
d. mematuhi nasihat-nasihatnya
8. Siswa yang menghormati dan menaati gurunya akan memperoleh . . . .
a. piagam penghargaan       c. pujian dari teman
b. keberkahan ilmu             d. uang dari guru
9. Berikut ini merupakan azab bagi siswa yang merendahkan gurugurunya, kecuali . . . .
a. badan menjadi kurus dan mudah sakit
b. mati tanpa membawa iman
c. disempitkan rezekinya oleh Allah Swt.
d. hilang manfaat ilmunya
10. Seorang guru sedang menjelaskan pelajaran di kelas, sikap yang benar adalah . . . .
a. tidak perlu mendengarkan karena sudah paham
b. mengerjakan tugas yang belum selesai
c. mendengarkan dengan baik
    d.berdiskusi dengan teman sebangku
           II.            Uraian
1.      Jelaskan pengertian hormat dan taat kepada orangtua dan guru ?
2.      Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan menaati orang tua dan guru !
3.      Tulislah dalil tentang hormat dan taat kepada orangtua dan guru!
4.      Sebutkan contoh perilaku hormat dan taat kepada orangtua dan guru dalam kehidupan sehari-hari !
5.      Sebutkan keberkahan yang akan diperoleh anak jika berbakti kepada kedua orangtuanya dan guru !

Skor penilaian sebagai berikut:
a)      PG       : jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10 x 1 = 10)
b)      Uraian : jumlah jawaban benar x 2 (maksimal 5 x 2 = 10)

Cara penilaian uraian:
No soal
Cara penilaian
Skor Maks.
1
a)      Jika peserta didik dapat menuliskan dengan sangat lengkap pengertian hormat dan taat kepada orangtua dan guru, skor 2.
b)      Jika peserta didik dapat menuliskan dengan lengkap pengertian hormat dan taat kepada orangtua dan guru, skor 1,5.
c)      Jika peserta didik dapat menuliskan dengan tidak lengkap pengertian hormat dan taat kepada orangtua dan guru, skor 1.
2
2
a)      Jika peserta didik dapat menuliskan dengan sangat lengkap alasan kita harus hormat dan taat kepada orang tua dan guru, skor 2.
b)      Jika peserta didik dapat menuliskan dengan lengkap alasan kita harus hormat dan taat kepada orang tua dan guru, skor 1,5.
c)      Jika peserta didik dapat menuliskan dengan tidak lengkap alasan kita harus hormat dan taat kepada orang tua dan guru, skor 1.
2
3
a)      Jika peserta didik dapat menuliskan dengan sangat lengkap dalil tentang hormat dan taat kepada orangtua dan guru, skor 2.
b)      Jika peserta didik dapat menuliskan dengan lengkap dalil tentang hormat dan taat kepada orangtua dan guru, skor 1,5.
c)      Jika peserta didik tidak dapat dengan tidak lengkap dalil tentang hormat dan taat kepada orangtua dan guru skor 1.
2
4
a)      Jika peserta didik dapat menuliskan dengan sangat lengkap contoh perilaku hormat dan taat kepada orangtua dan guru, skor 2.
b)      Jika peserta didik dapat menuliskan dengan lengkap contoh perilaku hormat dan taat kepada orangtua dan guru, skor 1,5.
c)      Jika peserta didik dapat menuliskan dengan tidak lengkap contoh perilaku hormat dan taat kepada orangtua dan guru, skor 1.
2
5
a)      Jika peserta didik dapat menuliskan dengan sangat lengkap keberkahan yang akan diperoleh anak jika berbakti kepada kedua orangtuanya dan guru, skor 2.
b)      Jika peserta didik dapat menuliskan keberkahan yang akan diperoleh anak jika berbakti kepada kedua orangtuanya dan guru dengan lengkap, skor 1,5.
c)      Jika peserta didik dapat menuliskan dengan tidak leng lengkap keberkahan yang akan diperoleh anak jika berbakti kepada kedua orangtuanya dan guru, skor 1.
2

Jumlah
10

Perhitungan Perolehan Nilai Pengetahuan
Nilai akhir yang diperoleh peserta didik merupakan akumulasi perolehan nilai pilihan ganda dan uraian dibagi 2 atau jumlah skor yang diperoleh (PG+Uraian) dibagi skor maksimal (PG+Uraian) dikali 100.
Contoh :
Pilihan ganda = 8
Uraian = 8
Jumlah = 16
Nilai akhirnya = Jumlah skor yang diperoleh (PG+Uraian)          x 100
Skor maksimal (PG+Uraian)
 =     16        x 100
20
     = 80
Selanjutnyan nilai 80 tersebut dikonversikan ke skala 4 ( yang telah ditetapkan dalam kurikulum 2013), yaitu denganrumus sebagai berikut:
hasil akhir penilaian =      Nilai yang diperoleh    x 4
Nilai maksimal
=      80 x 4
100
= 3,2 (B+)
                                                                                          Pekalongan, 24 Oktober 2016
                                                                                          Pengembang RPP,



                                                                                          Maya Noviana
                                                                                                      NIM. 20211114154








2.      Cobalah Anda buat kisi-kisi media media pembelajaran apa sajayang dapat digunakan untuk mencapai kompetensi yang tertuang dalam RPP di atas secara lebih efektif dan efisien?
No
Indikator
Media yang digunakan
Alasan
1
Mendeskripsikan pengertian hormat dan taat kepada orangtua dan guru dengan benar.

Powerpoint
Agar siswa dapat memahami materi secara jelas
2
Menunjukkan dalil menghormati kepada orangtua dan guru dengan benar.

Powerpoint
Agar siswa dapat memahami materi secara jelas
3
Menunjukkan dalil taat kepada orangtua dan guru dengan benar.

Powerpoint
Agar siswa dapat memahami materi secara jelas
4
Menunjukkan contoh perilaku hormat dan taat kepada orangtua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

Video (audiovisual)
Agar siswa dapat melihat langsung contoh perilaku hormat dan taat kepada orangtua dan guru
5
Menjelaskan hikmah perilaku hormat dan taat kepada orangtua dan guru

Poster (display)
Agar siswa lebih tertarik dan tidak bosan serta memudahkan siswa untuk memahami materi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar